Sejarah Berdirinya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten OKU Selatan

 

 

Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan
Drs. Tabrani, M. Si
H. Asroni, SH
Umi Kalsum, SE

 

 

 

 

 

 

 

Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan dibentuk pada Tanggal 18 Desember 2003 berdasarkan Undang-Undang Nomor 37 Tahun 2003, dan kemudian diresmikan oleh Gubernur Sumatera Selatan pada tanggal 16 Januari 2004 di Muaradua.

Empat tahun kemudian tepatnya pada tanggal 1 Oktober 2008, berdirilah Kantor 1 Oktober 2008, berdirilah Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten OKU Selatan Nomor 31 Tahun 2008 tentang Pembentukan, Susunan Organisasi dan Tata Kerja Dinas-Dinas Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan. Sejak berdirinya pada tahun 2008 sampai dengan sekarang, dipimpin oleh Drs. Tabrani, M. Si. Pada saat itu masih berkantor di komplek PU Jalan Kampung Jati Muaradua Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan.

Pada saat itu kondisi sarana dan prasarana masih sangat terbatas tetapi setahap demi setahap Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan berbenah diri dan semakin eksis keberadaanya. Sejalan dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat akan layanan jasa perpustakaan dan perkembangan institusi maka dengan Keputusan Bupati Ogan Komering Ulu Selatan Nomor: 218/KPTS/VIII/2011 tanggal 21 Juni 2011 Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan pindah menempati EX Gedung DPRD Kabupaten OKU Selatan.

Kemudian dengan diberlakukanya Undang-Undang Nomor 06 Tahun 2016 tentang perubahan nomenkelatur Perangkat Daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan dan Peraturan Bupati Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Nomor 26 Tahun 2016 Tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Kantor Perpustakaan dan Dokumentasi Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan berubah menjadi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan dan tetap dikepalai oleh Drs. Tabrani, M. Si. sampai tahun 2018 karena habis masa kerja (Pensiun). dan pada tahun 2019 digantikan oleh Bapak H. Asroni, SH, sampai bulan Desember 2019, dan pada tahun 2020 digantikan oleh Ibu Umi Kalsum, SE. sampai dengan sekarang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*